Tips

Tips Untuk Kalian Yang Wajahnya Bertekstur!

Tekstur kulit yang risak ditandai dengan kulit yang kasar, mudah iritasi, kusam, dan kemerahan. Tekstur kulit yang rusak ini bisa membuat make up seperti foundation dan BB Cream sulit diaplikasikan karena dasar kulit yang tidak rata.

Salah satu cara memperbaikinya adalah dengan melalui tahapan skincare yang tepat. Selain kulit kusam dan berjerawat, masalah kulit lain yang cukup mengganggu adalah tekstur kulit wajah yang rusak.

Tampilan kulit wajah yang tidak merata membuat makeup pun tidak mampu menyamarkan kekurangan yang ada pada wajahmu, misalnya adanya tumpukan bekas jerawat.

Lalu, bagaimana cara memeperbaikinya? Yuk simak di bawah ini.

1.Eksfoliasi

Eksfoliasi

Bila penyebab tekstur kulit yang rusak adalah penumpukan sel kulit mati, berarti kamu harus mengeksfoliasi kulit. Dengan mengeksfoliasi kulit menggunakan face scrub seminggu sekali, kulit akan menjadi lebih halus.

Namun, scrub sebaiknya tidak digunakan oleh kamu yang punya kulit dehidrasi dan kering. Sebab scrub akan membuat kulit makin kering dan kasar, serta tekstur kulit malah akan semakin rusak. Face scrub lebih cocok dipakai untuk kulit berminyak.

Jangan gunakan face scrub terlalu sering, karena minyak alami kulit akan hilang. Pilih scrub dengan butiran yang halus dan tidak terlalu besar agar tidak membahayakan kulit.

Kalau face scrub bukan produk yang tepat untukmu, kamu tetap bisa mengeksfoliasi kulit menggunakan chemical exfoliator. Chemical exfoliator biasa berbentuk toner atau biasa disebut dengan exfoliation toner.

Eksfoliasi kimia ini aman digunakan semua jenis kulit, ringan, dan lembut. Kulit pun akan menjadi lebih halus dan cerah. Bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan exfoliation toner, cukup pakai seminggu 3 kali, sambil diselang-seling dengan hydrating toner.

2.Pakai Sabun Dengan Bahan Minimalis dan Face Oil

Pakai Sabun Dengan Bahan Minimalis dan Face Oil

Salah satu penyebab tekstur kulit yang rusak bisa jadi karena kamu terlalu sering menggonta-ganti produk skincare.

Makanya istirahatkan kulitmu dengan menggunakan sabun muka yang tidak memiliki terlalu banyak bahan-bahan dan punya tekstur yang ringan.

Selalu perhatikan komposisi produk perawatan kulitmu ya. Gunakan sabun muka maksimal 2 kali dalam sehari. Terlalu sering mencuci muka dengan sabun akan membuat kulit jadi sangat kering.  

Pada tekstur kulit yang rusak, sangat umum kekeringan juga terjadi. Kekeringan ini disebabkan karena kurangnya produksi minyak alami di kulit.

Oleh sebab itu, kamu bisa mengembalikan kelembapannya dengan mengaplikasikan face oil. Face oil yang tepat akan mengontrol produksi minyak agar kulit tidak kekurangan ataupun kelebihan minyak.

3.Pakai Produk Vitamin C dan Gunakan Sunscreen dan Serum

Pakai Produk Vitamin C dan Gunakan Sunscreen dan Serum

Produk skincare dengan vitamin C akan membantu meningkatkan tekstur kulit yang rusak. Vitamin C mengandung antioksidan yang bisa memperbaiki dan melindungi kulit dari kondisi lingkungan seperti debu dan polusi.

Vitamin C juga dapat menyamaratakan warna kulit yang belang, mengurangi bekas luka dan jerawat, serta mengurangi noda hitam di wajah.

Tekstur kulit yang rusak juga bisa disebabkan akibat sinar matahari. Makanya kamu harus melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB dengan selalu menggunakan sunscreen setiap hari. Pakai sunscreen 45 menit sebelum keluar rumah, lalu aplikasikan ulang setiap 3 jam sekali.

Selain moisturizer, serum juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit yang rusak. Serum mudah meresap ke kulit, sehingga mampu melembapkan kulit secara efektif. Serum akan membuat kulit jadi lebih lembap, halus, dan cerah.

4.Bersihkan Make Up Dengan Cleansing Oil dan Coba Skincare Dengan Bahan Siput

Bersihkan Make Up Dengan Cleansing Oil dan Coba Skincare Dengan Bahan Siput

Saat menghapus makeup menggunakan makeup remover atau micellar water, kamu perlu memakai kapas bukan? Penggunaan kapas tersebut akan menarik-narik wajah dan membuat kemerahan mudah muncul.

Untuk tekstur kulit yang rusak, lebih baik gunakan cleansing oil untuk membersihkan makeup. Cleansing oil punya tekstur yang lembut dan mampu membersihkan makeup dengan cepat serta efektif.

Banyak produk skincare Korea yang mengandung bahan siput. Tidak mengherankan, sebab bahan siput ini bisa membuat kulit jadi halus, lembap, dan bernutrisi. Tekstur kulit yang rusak pun perlahan-lahan bisa menjadi lebih baik.

Setelah kamu lakukan macam-macam tips yang ada diatas, pastinya kamu akan lebih percaya diri saat nongkrong bersama temanmu sambil bermain slot online di cafe ternyaman di Ibukota.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan wajah yang bertekstur. Semoga bermanfaat.