Tips

Tips Memilih Sunscreen Yang Tepat Untuk Wajah Kalian

Kulit jadi bagian yang sangat penting untuk dilindungi. Selain untuk menjaga penampilan, kulit pun penting untuk menjaga bagian dalam tubuh. Salah satu cara untuk menjaga kesehatannya dengan mengoleskan sunscreen.

Sunscreen merupakan produk skin care yang bekerja dengan menembus lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari seperti halnya spons. Produk ini mengandung sederet bahan kimia aktif yang bertindak sebagai penghalang radiasi sinar UV ke kulit.

Ada dua jenis sunscreen, yakni sunscreen kimiawi dan mineral. Bahan yang umum ditemukan dalam sunscreen kimiawi yakni avobenzone, oxybenzone, dan octocrylene, sedangkan sunscreen mineral dibuat dari titanium dioksida dan zinc oksida.

Senyawa dalam sunscreen kimiawi umumnya tidak berwarna serta terasa ringan pada kulit. Berbagai senyawa ini hanya dapat menyaring sinar UVB, tapi kini sudah banyak ditemukan produk yang juga melindungi kulit dari sinar UVA.

Sunscreen sangat penting, terutama buat kamu yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia. Jangan sampai kulitmu terkena radiasi sehingga rusak dan kena kanker.

Meskipun dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, beberapa bahan dalam sunscreen mungkin tidak sesuai untuk Anda yang punya masalah kulit tertentu. Jadi, pastikan untuk mengetahui kriteria suatu sunscreen sebelum Anda membelinya.

Lantas, gimana cara memilih sunscreen terbaik untuk kulitmu? Yuk kenali cara memilih sunscreen terbaik!

1.Pilih Sunscreen Berlabel Board Spectrum Agar Bisa Melindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UVA Dan UVB Serta Pilih Sunscreen Dengan Tingkat Sun Protection Factor (SPF) Minimal 30

Pilih Sunscreen Berlabel Board Spectrum Agar Bisa Melindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UVA Dan UVB Serta Pilih Sunscreen Dengan Tingkat Sun Protection Factor (SPF) Minimal 30

Sinar UVA dan UVB bisa menyebabkan beragam permasalahan kulit. UVA menyebabkan penuaan dini, sementara UVB menyebabkan kulit terbakar dan risiko kanker kulit.

Itu sebabnya, kamu perlu memilih sunscreen berlabel board spectrum. Tanpa label ini, produk yang kamu beli hanya akan melindungimu dari sengatan matahari. Namun, tak benar-benar melindungimu dari kanker atau penuaan dini.

American Academy of Dermatology menganjurkan agar kamu memilih sunscreen atau tabir surya dengan minimal SPF 30. Semakin besar SPF, semakin besar pula perlindungannya.

SPF 30 bisa menghalau sinar UVB hingga 98 persen. Sementara, SPF 15 hanya melindungi sekitar 93 persen. Adapun , lebih baik lagi pakai SPF 50 yang bisa menghalau hingga 98 persen.

2.Kamu Bisa Saja Memilih SPF Yang Lebih Rendah, Namun Perlu Mengoleskan Lebih Sering Dan Perhatikan Bahan Dasar Dari Sunscreen Dan Cara Penggunaannya Namun Hindari Senyawa Tertentu Untuk Kamu Yang Memiliki Kulit Sensitif

Kamu Bisa Saja Memilih SPF Yang Lebih Rendah, Namun Perlu Mengoleskan Lebih Sering Dan Perhatikan Bahan Dasar Dari Sunscreen Dan Cara Penggunaannya Namun Hindari Senyawa Tertentu Untuk Kamu Yang Memiliki Kulit Sensitif

Biasanya, semakin tinggi kandungan SPF, semakin mahal pula harga suatu sunscreen. Kamu bisa saja memilih sunscreen dengan kandungan di bawah SPF 30, namun kamu perlu lebih sering mengoleskannya. Kalau bisa, oleskan setiap jam. Kamu pun perlu lebih sering mengoleskannya setelah berenang, berkeringat, atau terkena air.

Biasanya, sunscreen memiliki kandungan zat kimia aktif untuk melindungi kulitmu. Adapun, kandungannya, antara lain Sulisobenzone, Octisalate, Octylcrylene, Octinoxate, Homosalate, Oxybenzone, Helioplex, Mexoryl SX dan XL, 4-MBC, Tinosorb S dan M, Uvinul A Plus, serta Uvinul T 150. Biasanya, sunscreen gak berwarna dan bisa kamu oleskan bersama riasan.

Buat kamu yang punya masalah kulit atau kulit sensitif, hindari sunscreen dengan bahan, seperti Dioxybenzone, Para-aminobenzoic (PABA), Sulisobenzone, dan Oxybenzone. Kalau bisa, hindari sunscreen dengan kandungan pewangi, pengawet, dan alkohol yang berlebihan.

3.Jika Kulit Berminyak, Gunakan Sunscreen Berbahan Dasar Air Sedangkan Untuk Kulit Kering, Kamu Bisa Memilih Sunscreen Berbahan Dasar Minyak

Jika Kulit Berminyak, Gunakan Sunscreen Berbahan Dasar Air Sedangkan Untuk Kulit Kering, Kamu Bisa Memilih Sunscreen Berbahan Dasar Minyak

Buat kamu yang punya kulit berminyak dan cenderung mudah berjerawat, pilih sunscreen dengan bahan dasar air. Sehingga, sebisa mungkin hindari sunscreen dengan bahan dasar minyak. Sunscreen berbahan dasar air lebih mudah diserap kulit dan tidak menyumbat pori-pori. Sunscreen berbahan dasar air biasanya berbentuk gen, bukannya krim.

Gunanya agar sunscreen bisa melembapkan kulitmu. Dengan begitu, kulitmu jadi tak mudah kering dan terasa perih saat terkena matahari.

Itu tadi cara-cara memilih sunscreen terbaik, terutama di negara tropis. Sunscreen itu perlu, jadi jangan sepelekan penggunaannya, ya. Semoga artikel ini berguna.