Tips

Tips Menghilangkan Kemerahan Pada Wajah

Rutinitas kecantikan yang salah bisa menyebabkan kulit kering, teriritasi, dan merah. Terkadang kita bahkan tidak menyadari bahwa kita sebenarnya merusak wajah kita dengan menggunakan produk yang sangat mahal. Itu karena merawat wajah tidak melulu soal harga perawatan kulit, tapi perawatan yang tepat.

Berbagai kerusakan yang disebabkan oleh adanya berbagai perawatan kulit wajah memang tak bisa dianggap sepele. Contohnya saja, kulit wajah yang memerah serta mengalami iritasi. Maka dari itu, perlu dilakukan cara mengatasi wajah merah dan iritasi dengan cepat.

Beberapa cara sebenarnya aman untuk dilakukan, asalkan digunakan sesuai dengan ketentuan dan cara yang tepat agar tak berdampak buruk pada kulit.

Kemerahan pada wajah biasanya disebabkan karena jerawat atau kepanasan. Namun, ada pula yang mengalami kemerahan karena alergi dan gejala suatu kondisi medis seperti rosacea atau dermatitis.

Kondisi ini sering disertai dengan rasa gatal, tapi Anda harus menahan diri untuk tidak menggaruknya. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir. Kemerahan bisa dihilangkan dengan cara yang praktis, bagaimana caranya? Yuk simak di sini.

1.Kompres Dengan Air Dingin Dan Oleskan Lidah Buaya

Kompres Dengan Air Dingin Dan Oleskan Lidah Buaya

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengompres wajah dengan air dingin atau es. Suhu dingin bisa membantu menurunkan ruam, dan mengurangi peradangan pada wajah.

Bila Anda memakai es, hindari menempelkan es langsung pada kulit, tetapi lapisi atau bungkus dengan kain bersih atau handuk kecil.

Cara lain untuk mengatasi bintik merah pada wajah adalah dengan lidah buaya. Ada beberapa produk kecantikan yang mengandung gel lidah buaya, yang bisa membantu mengurangi kemerahan, iritasi, dan peradangan. Lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi untuk mengatasi hal tersebut.

2.Gunakan Masker Mentimun Atau Teh Hijau

Gunakan Masker Mentimun Atau Teh Hijau

Masker mentimun kaya dengan vitamin dan mineral yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Anda bisa memakainya dengan cara mengiris mentimun dan mendinginkannya di kulkas.

Lalu, tempelkan pada wajah dan diamkan beberapa saat. Namun, pastikan Anda sudah mencuci bersih mentimun yang digunakan, ya.

Anda bisa mengatasi kemerahan dengan memakai teh hijau. Caranya, buat segelas teh hijau, lalu dinginkan di lemari es. Setelah itu, tuangkan teh hijau ke dalam wadah dan oleskan di daerah yang terkena kemerahan. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

Bila setelah cuci muka wajah Anda terasa kering dan kemerahan, lebih baik hentikan penggunaannya. Anda perlu menggantinya dengan sabun cuci muka yang bersifat hydrating, tidak mengandung alkohol, dan parfum. Pilih sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

3.Batasi Waktu Mandi Anda dan Hindari Produk Perawatan Kulit Tanpa Pewangi

Batasi Waktu Mandi Anda dan Hindari Produk Perawatan Kulit Tanpa Pewangi
Young beautiful girl on spa treatment. She is having rejuvenation mask on her face. Studio shot, isolated on white.

Waktu mandi maksimum yang disarankan adalah sekitar 5 hingga 10 menit. Ahli kulit mengatakan bahwa ini adalah waktu yang cukup untuk membersihkan dan melembapkan kulit. Melakukannya secara berlebihan dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak menyenangkan.

Saat Anda melakukan overwash dan over-cleansing, minyak alami yang menjaga kesehatan kulit Anda akan terkelupas yang akan membuat pori-pori terbuka dan air keluar dari tubuh. Kemudian Anda mungkin melihat iritasi dan kemerahan.

Cara mengatasi wajah merah dan iritasi yang selanjutnya adalah dengan menghindari produk perawatan kulit tanpa pewangi. Jika Anda memerhatikan bahwa kulit Anda menjadi iritasi dan sensitif, mungkin karena penggunaan “bebas pewangi ” dari losion, sabun, atau deterjen.

Mereka meminimalkan iritasi dan menyebabkan lebih sedikit reaksi alergi. Berhati-hatilah dengan produk yang ditandai dengan kata, “tanpa pewangi. Mereka mungkin memiliki bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit Anda.

Produk yang mengandung niacinamide, sulfur, allantoin, kafein, akar licorice, chamomile, aloe, dan mentimun dapat membantu mengurangi kemerahan.

Selain itu, para ahli merekomendasikan penggunaan persediaan pembersih organik. Sangat penting untuk tidak menggunakan produk secara berlebihan, dan sering memakai masker dapat menyebabkan “ maskne” yaitu munculnya jerawat karena masker menjebak kotoran di pori-pori.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki kulit wajah yang mengalami kemerahan. Semoga artikel ini dapat berguna serta dapat bermanfaat.