Tips

Tips dan Cara Exfoliasi yang Baik dan Benar

Memiliki wajah yang bersih dan cerah tentu menjadi dambaan setiap orang. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan wajah seperti ini adalah dengan eksfoliasi. Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan kulit wajahmu.

Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit untuk mengangkat sel kulit mati. Sehingga, lapisan kulit yang baru dapat muncul ke permukaan. Eksfoliasi ini termasuk perawatan wajah yang mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah maupun secara profesional ke dokter kulit. Namun sayangnya, masih banyak wanita yang belum melakukan perawatan ini secara rutin.

Eksfoliasi sangat penting dilakukan karena dibutuhkan oleh kulit. Namun, masih banyak yang tidak melakukannya karena takut iritasi. Padahal ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika melakukan eksfoliasi secara rutin.

Salah satu penyebab timbulnya komedo adalah adanya pori-pori yang tersumbat. Sehingga, kita harus menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori terlebih dahulu untuk mencegah timbulnya komedo. Eksfoliasi mampu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Alhasil, komedo pun tidak akan berani muncul kembali.

Selain komedo, jerawat pun disebabkan karena adanya pori-pori yang tersumbat oleh kotoran. Sehingga, kamu perlu melakukan eksfoliasi untuk mencegah terjadinya masalah kulit ini. Kamu bisa gunakan scrub dengan butiran lembut agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit yang berjerawat.

Jika sel kulit mati tidak terangkat, mereka akan menumpuk dan membuat wajah terlihat kusam. Selain itu, warna kulit pun menjadi tidak merata. Masalah ini juga bisa diatasi dengan melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi juga dapat membantu memperbaiki tekstur wajah dengan menstimulasi kolagen. Sehingga, wajah akan terlihat lebih segar, kenyal dan juga awet muda. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, harus dilakukan secara rutin.

Eksfoliasi juga wajib dilakukan bagi kamu si pemilik kulit berminyak. Karena eksfoliasi dapat mengurangi produksi minyak berlebih jika dilakukan secara rutin. Jika produksi minyak pada wajah berlebih, kulit akan terganggu dan dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit lainnya.

Meski banyak manfaatnya, kamu harus melakukan eksfoliasi dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika asal-asalan saat melakukan eksfoliasi, tentu dapat menimbulkan masalah kulitnya. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan eksfoliasi, di antaranya adalah sebagai berikut.

1.Ketahui produk eksfoliasi yang cocok untuk jenis kulitmu dan Ketahui waktu yang tepat untuk melakukan eksfoliasi

Ketahui produk eksfoliasi yang cocok untuk jenis kulitmu dan Ketahui waktu yang tepat untuk melakukan eksfoliasi

Sebelum melakukan eksfoliasi, perhatikan dulu jenis kulitmu. Jika memiliki kulit berminyak, kamu bisa gunakan eksfoliator yang berbahan hydroxy acid. Namun, jika kulitmu kering, gunakan eksfoliator yang lembut dan bertekstur ringan agar kulitmu gak mudah terkelupas. Sedangkan untuk kulit sensitif, gunakan eksfoliator yang berbahan dasar alami.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi saat pagi atau malam hari. Namun, bagi kamu si pemilik kulit sensitif, ada baiknya jika melakukan eksfoliasi pada malam hari. Pengelupasan pada malam hari juga bermanfaat untuk memaksimalkan night cream yang kamu kenakan.

2.Jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi dan Perhatikan kondisi kulit

Jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi dan Perhatikan kondisi kulit

Idealnya, kamu bisa melakukan eksfoliasi sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Kamu juga bisa memberikan jeda 2 sampai 3 hari agar kulit bisa melakukan pemulihan setelah eksfoliasi. Hal ini juga berguna untuk menghindari kulit dari inflamasi dan sensitif.

Kamu juga harus memperhatikan kondisi kulit saat itu sebelum melakukan eksfoliasi. Jika kulitmu sedang berjerawat atau mengalami luka, ada baiknya tidak melakukan eksfoliasi terlebih dahulu. Tunggu sampai kondisi kulitmu membaik.

3.Lakukan eksfoliasi dengan cara yang tepat

Lakukan eksfoliasi dengan cara yang tepat

Seperti ada yang sudah disebutkan di awal, melakukan perawatan eksfoliasi tidak boleh asal. Perhatikan proses yang harus dilakukan sebelum, sesudah dan pada saat eksfoliasi. Sehingga kulit wajahmu pun bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Karena terlalu fokus dengan hasil akhir, banyak wanita yang asal-asalan saat melakukan eksfoliasi. Sehingga, bukannya kulit makin bersih tapi justru menimbulkan masalah kulit lainnya. Misalnya, kulit menjadi kemerahan, kering, mengalami iritasi hingga terasa seperti terbakar.

Kamu tentunya tidak mau kan mengalami hal tersebut? Oleh karena itu, kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan cara yang benar. Nah, adapun langkah-langkah yang tepat untuk melakukan perawatan eksfoliasi adalah sebagai berikut.

  • Bersihkan wajah sebelum melakukan eksfoliasi
  • Pilih eksfoliator dengan scrub lembut
  • Lakukan eksfoliasi wajah dengan lembut
  • Pilih handuk yang tepat untuk mengeringkan wajah
  • Aplikasikan pelembap setelah eksfoliasi
  • Selain pelembap, gunakan juga sunscreen setelah eksfoliasi
  • Jangan aplikasikan krim anti aging terlebih dahulu

Nah, itu tadi beberapa tips dan cara yang bisa kamu terapkan saat melakukan eksfoliasi. Jadi, kamu tidak asal-asalan lagi saat melakukan eksfoliasi. Kamu juga bisa gunakan scrub alami jika memiliki kulit wajah yang sensitif.