Make Up

Cara Memilih Cleansing Water Dengan Benar, Jangan Sampai Salah!

Cleansing water merupakan zat pembersih dengan bahan dasar air yang dikemas di dalam botol. Walau ada beberapa produk memiliki kandungan minyak dalam komposisinya, cleansing water tidak menyebabkan rasa lengket.

Cara pakainya pun sangat mudah. Anda cukup menuangkannya ke kapas, lalu usapkan ke wajah untuk membersihkan makeup dan kotoran lain yang menempel.

Jenis cleansing water pun tak hanya satu, ada jenis minyak, cairan, gel, krim, dan susu. Karena merupakan produk water based, pemakaian produk ini akan memberikan rasa segar di wajah. Kulit pun tidak akan menjadi kering.

Nah, sebenarnya apa yang membuat cleansing water populer belakangan ini? Produk ini populer karena Anda tidak perlu membilas wajah dengan air setelah menggunakannya!

Tak hanya itu, ada sebagian produk yang dapat pula memberikan manfaat lotion dan essence. Produk ini tentunya memberi lebih banyak kemudahan dan dapat menghemat waktu dibandingkan memakai pembersih wajah lainnya.

Karena itu, cleansing water menjadi pilihan bagi wanita karier serta ibu rumah tangga yang memiliki banyak aktivitas.

Cleansing water sangat cocok bagi Anda yang melakukan ekstensi bulu mata. Hal ini disebabkan bahan utama dari produk ini adalah air, bukan minyak.

Kandungan minyak disinyalir dapat meluruhkan lem sehingga lem yang dipakai untuk memasang bulu mata akan rusak. Karena itu, pembersih wajah yang berbahan minyak bukanlah pilihan yang tepat. Jadi, agar ekstensi bulu mata Anda bertahan lama, pilihlah cleansing water yang bebas minyak.

Lalu, bagaimana cara memilih cleansing water yang tepat? Yuk simak di bawah.

1.Pilih Jumlah Kandungan Surfaktan Sesuai Kebutuhan Anda

Pilih Jumlah Kandungan Surfaktan Sesuai Kebutuhan Anda

Bila Anda ingin menghapus makeup tebal, perhatikanlah komposisi surfaktan di dalam cleansing water yang digunakan. Kekuatan untuk membersihkan makeup tebal ini sebenarnya bergantung kepada jumlah komposisi surfaktannya. 

Persentase kandungan surfaktan biasanya tidak dicantumkan, tetapi Anda sebenarnya dapat memperkirakannya dari daftar komposisi pada bagian botol.

Komposisi biasanya diurut secara vertikal berdasarkan banyaknya kandungan. Bila surfaktan berada di urutan teratas, Anda dapat mengasumsikan surfaktan yang terkandung di dalamnya cukup besar.

Namun, jika bahan lain seperti pelembap ditulis sebelum surfaktan, kandungan pembersihnya diasumsikan berada dalam jumlah sedang.

Dengan kandungan surfaktan yang sedang, kami sarankan produk ini bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Hal ini diharapkan dapat menghindari daya pembersih berlebih yang akan berdampak buruk pada kulit.

2.Pilihlah Produk Dengan Fungsi Lain Selain Membersihkan

Pilihlah Produk Dengan Fungsi Lain Selain Membersihkan

Setelah memeriksa kandungan pembersihnya, jangan lupa untuk memeriksa manfaat lain yang dimiliki produk tersebut.

Beberapa produk menawarkan pelembap alami untuk memberi nutrisi lebih tinggi untuk kulit, seperti ceramide dan hyaluronic acid.

Akan tetapi, komposisi di tiap produk pastinya tidak sama. Jadi, kami sarankan memilih produk yang mengandung banyak pelembap bagi Anda yang khawatir akan kulit kering.

Tak hanya itu, ada pula produk yang memiliki manfaat peeling. Jika peduli dengan pori-pori serta keratin, pilihlah produk dengan manfaat peeling yang berfungsi untuk mencegah kulit kusam. Silakan merujuk kepada bahan di bawah agar tidak salah memilih produk.

Produk dengan komposisi pelembap yang tinggi, direkomendasikan untuk kulit kering:

  • Hyaluronic acid
  • BG
  • Glycerin
  • Kolagen
  • Ceramide

Produk dengan manfaat peeling, direkomendasikan untuk merawat kulit kusam* dan pori-pori:

  • AHA (lactic acid/malic acid)
  • Enzim papain
  • Derivatif vitamin C

Namun, ada beberapa cleansing water mengandung etanol yang menyebabkan kulit kering. Karena hal ini, kami sarankan Anda untuk tetap mengutamakan kelembapan dengan memakai pelembap, ya.

3.Pilihlah Produk Yang Cocok Untuk Jenis Kulit Anda

Pilihlah Produk Yang Cocok Untuk Jenis Kulit Anda

Karena cleansing water digunakan setiap hari, ingatlah bahwa Anda tak hanya harus memeriksa komposisi pembersihnya. Periksalah pula apakah kandungan lainnya cocok bagi kulit Anda.

Beberapa produk mengandung wewangian dan beberapa ekstrak tumbuhan yang berguna untuk kulit. Akan tetapi, meski tidak mengandung bahan kimia, tidak semua kandungan ini ramah untuk kulit, lho. Beberapa dari cleansing water mungkin mengandung bahan yang tidak baik bagi kulit Anda.

Jika memiliki kulit sensitif, pastikan terlebih dahulu seluruh komposisi dari cleansing water yang Anda pilih, ya!

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memilih cleansing water kalian. Semoga bermanfaat.